Senin, 01 November 2010

BAB I RUANG LINGKUP BISNIS

1 . # Pengertian bisnis dan jenisnya : Pengertian bisnis adalah suatu usaha memenuhi kebutuhan manusia, organisasi ataupun masyarakat luas dengan motif mencari keuntungan atau tidak. Manusia bisnis adalah orang yang mampu melihat kebutuhan masyarakat dan kemudian mencoba melayani secara baik sehingga masyarakat menjadi senang dan puas,,
# jenisnya : monopsoni,oligopoli,oligopsoni,dan pasar monopoli,
2. # Tujuan kegiatan bisnis : kegiatan manusia guna mencapai apa yang diinginkannyadan menghindar dari mudharat yang dapat menimpanya. Salah satu diantaranya adalah berbisnis.
Kata bisnis masuk ke dalam pembendaharaan bahasa Indonesia dari bahasa inggris, yang antara lain diartikan sebagai : buying and selling : commerce ; trade yakni jual beli , perniagaan perdagangan.
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia kata bisnis antara lain diartikan sebagai usaha dagang; usaha komersial dalam perdagangan. Bisnis adalah interaksi antara dua pihak dalam bentuk tertentu guna meraih manfaat dank arena interaksi tersebut mengandung resiko, maka diperlukan manajemen yang baik untuk meminimalkan sedapat mungkin resiko itu.
3. # sistem perekonomian :  sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut
 # sistem pasar : Perekonomian pasar bergantung pada kapitalisme dan liberalisme untuk menciptakan sebuah lingkungan di mana produsen dan konsumen bebas menjual dan membeli barang yang mereka inginkan (dalam batas-batas tertentu)
4. # kesempatan bisnis : Pusat Informasi Peluang Bisnis, Peluang Usaha, Usaha Kecil Menengah, Cara Bisnis, Wirausaha, Waralaba, Franchise, Tips Motivasi,dan lain-lain.
5 # unsur unsur penting dalam aktifitas ekonomi:

6. # hakikat bisnis : hakikat bisnis yang sesungguhnya adalah mementingkan orang lain. Ini bukan sekadar konsep kemuliaan dan spiritualitas. Ini konsep bisnis. Bahkan saya ingin mengatakan bahwa bisnis itu sendiri pada hakekatnya adalah spiritualitas.
7 # mengapa belajar bisnis  : agar kita memahami tentang bisnis  dan berbisnis untuk mendapatkan keuntungan,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar